Membuat Kue Lebaran Praktis Tanpa Oven dan Mixer

Hanifah Rizqiya

Membuat kue lebaran tanpa oven dan tanpa mixer

Membuat kue lebaran tanpa oven dan tanpa mixer – Lebaran semakin dekat, dan membuat kue lebaran sendiri menjadi salah satu tradisi yang tak boleh dilewatkan. Namun, bagaimana jika Anda tidak memiliki oven atau mixer? Jangan khawatir, Anda tetap bisa membuat kue lebaran yang lezat dan renyah dengan cara yang praktis dan mudah.

Dalam panduan ini, kami akan mengupas tuntas cara membuat kue lebaran tanpa oven dan tanpa mixer. Dengan bahan-bahan yang sederhana dan langkah-langkah yang mudah diikuti, Anda bisa menyajikan kue lebaran buatan sendiri yang nikmat untuk keluarga dan kerabat tercinta.

Bahan dan Peralatan yang Diperlukan

Membuat kue lebaran tanpa oven dan tanpa mixer membutuhkan bahan dan peralatan khusus untuk memastikan keberhasilan proses pembuatannya.

Berikut adalah daftar bahan dan peralatan yang diperlukan:

Bahan-bahan

BahanJumlahUkuran
Tepung terigu250 gram
Gula pasir150 gram
Mentega100 gram
Telur1 butir
Susu kental manis1 kaleng (397 gram)
Baking powder1 sendok teh

Peralatan

PeralatanJenisUkuran
LoyangLoyang persegi atau bulat20×20 cm atau diameter 20 cm
SpatulaSpatula kayu atau silikon
WadahWadah besar untuk mencampur bahan
Sendok takarSendok takar untuk mengukur bahan
GuntingGunting untuk memotong kertas roti

Cara Membuat Kue Lebaran Tanpa Oven

Membuat kue lebaran tanpa oven mungkin terdengar menantang, tetapi sebenarnya sangat mudah. Dengan bahan-bahan yang tepat dan sedikit kreativitas, Anda dapat menikmati kue lebaran yang lezat tanpa perlu repot menggunakan oven.

Baja Juga:  Buat Kue Lebaran Kering Tanpa Oven, Praktis dan Lezat

Membuat kue lebaran tanpa oven dan tanpa mixer bukan hal yang mustahil. Kamu bisa memanfaatkan resep-resep mudah yang tersedia, seperti Membuat kue kering lebaran tanpa oven dengan mudah . Kue kering yang dibuat dengan cara ini memiliki tekstur yang renyah dan cita rasa yang tidak kalah nikmat.

Jadi, jangan ragu untuk mencoba membuat kue lebaran tanpa oven dan tanpa mixer di rumah. Dijamin, kue buatanmu akan disukai oleh keluarga dan kerabat.

Bahan-Bahan yang Diperlukan

* 250 gram tepung terigu

  • 125 gram gula halus
  • 125 gram mentega tawar, suhu ruang
  • 1 butir telur
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 1/4 sendok teh garam
  • Bahan olesan

Kuning telur

Membuat kue lebaran tanpa oven dan tanpa mixer ternyata bukan hal yang mustahil. Berbagai resep dapat Anda coba, salah satunya adalah Resep kue lebaran kering tanpa oven . Resep ini sangat cocok bagi Anda yang ingin membuat kue lebaran dengan praktis dan efisien.

Dengan mengikuti petunjuknya dengan tepat, Anda dapat menghasilkan kue lebaran yang lezat dan renyah tanpa perlu repot menggunakan oven atau mixer.

Wijen atau kacang tanah cincang

Langkah-Langkah Pembuatan

  • Dalam wadah besar, campurkan tepung terigu, gula halus, baking powder, dan garam.
  • Masukkan mentega dan aduk hingga berbutir.
  • Tambahkan telur dan aduk hingga adonan kalis.
  • Bentuk adonan menjadi bola-bola kecil dan pipihkan dengan garpu atau cetakan kue.
  • Olesi permukaan kue dengan kuning telur dan taburi dengan wijen atau kacang tanah cincang.
  • Panaskan wajan anti lengket dengan api kecil.
  • Masak kue selama 5-7 menit di setiap sisinya, atau hingga berwarna keemasan.
  • Angkat kue dan biarkan dingin sebelum disajikan.

Tips dan Trik

* Untuk hasil kue yang lebih renyah, gunakan mentega dingin.

Baja Juga:  Tips Jitu Simpan Kue Putri Salju agar Tetap Gurih

Membuat kue lebaran tanpa oven dan tanpa mixer kini semakin mudah dengan adanya beragam resep praktis. Salah satunya yang patut dicoba adalah Cara bikin kue kering lebaran tanpa oven . Resep ini sangat cocok bagi pemula yang ingin membuat kue lebaran tanpa ribet.

Dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan dan langkah-langkah yang sederhana, Anda dapat menghasilkan kue kering yang lezat dan renyah. Membuat kue lebaran tanpa oven dan tanpa mixer menjadi pilihan tepat untuk merayakan hari raya Idul Fitri bersama keluarga dan kerabat.

  • Jika adonan terlalu kering, tambahkan sedikit air.
  • Jika adonan terlalu basah, tambahkan sedikit tepung terigu.
  • Jangan terlalu sering membalik kue saat memasak, karena dapat membuatnya hancur.
  • Sajikan kue dengan secangkir teh atau kopi untuk menambah kenikmatan.

Variasi Resep Kue Lebaran

Membuat kue lebaran tanpa oven dan tanpa mixer

Kue lebaran merupakan sajian wajib yang memeriahkan perayaan Idul Fitri. Kue-kue ini hadir dalam beragam variasi, mulai dari yang klasik hingga modern. Berikut beberapa variasi resep kue lebaran yang bisa Anda coba:

Kue Nastar

Kue nastar merupakan kue klasik lebaran yang selalu hadir di setiap rumah. Kue ini memiliki isian selai nanas yang manis dan legit, dibalut dengan adonan pastry yang renyah. Untuk membuat kue nastar, Anda memerlukan tepung terigu, gula halus, mentega, telur, dan selai nanas.

Membuat kue lebaran tanpa oven dan tanpa mixer memang tidak sesulit yang dibayangkan. Salah satu jenis kue lebaran yang mudah dibuat tanpa oven adalah Kue lebaran kering tanpa oven . Kue ini memiliki tekstur yang renyah dan rasa yang gurih, sehingga cocok dijadikan camilan saat lebaran.

Setelah mencoba Kue lebaran kering tanpa oven, Anda dapat melanjutkan eksplorasi membuat kue lebaran tanpa oven dan tanpa mixer lainnya.

Kue Putri Salju

Kue putri salju memiliki tekstur yang lembut dan lumer di mulut. Kue ini terbuat dari adonan tepung terigu, gula halus, mentega, dan susu bubuk. Setelah dipanggang, kue putri salju ditaburi dengan gula halus sehingga terlihat seperti salju.

Baja Juga:  Membuat Kue Kering Lebaran Tanpa Oven: Mudah dan Praktis

Kue Kastengel

Kue kastengel merupakan kue kering yang memiliki bentuk seperti batang. Kue ini memiliki tekstur yang renyah dan gurih. Untuk membuat kue kastengel, Anda memerlukan tepung terigu, keju parut, mentega, telur, dan garam.

Kue Semprit

Kue semprit memiliki bentuk yang unik, seperti bunga atau bintang. Kue ini terbuat dari adonan tepung terigu, gula halus, mentega, dan telur. Setelah dipanggang, kue semprit biasanya diberi olesan kuning telur agar terlihat lebih menggugah selera.

Kue Lidah Kucing

Kue lidah kucing merupakan kue kering yang memiliki bentuk seperti lidah kucing. Kue ini memiliki tekstur yang renyah dan gurih. Untuk membuat kue lidah kucing, Anda memerlukan tepung terigu, gula halus, mentega, dan telur.

Tips Menyimpan Kue Lebaran: Membuat Kue Lebaran Tanpa Oven Dan Tanpa Mixer

Membuat kue lebaran tanpa oven dan tanpa mixer

Untuk memastikan kue lebaran tetap renyah dan tahan lama, penting untuk mengikuti teknik penyimpanan yang tepat. Berikut beberapa tips untuk menjaga kesegaran kue lebaran:

Kemasan Kedap Udara

Simpan kue lebaran dalam wadah kedap udara, seperti toples kaca atau plastik dengan penutup rapat. Hal ini akan mencegah masuknya udara dan kelembapan, yang dapat membuat kue menjadi lembek.

Hindari Paparan Udara

Setelah membuka wadah, hindari membiarkan kue terpapar udara terlalu lama. Segera tutup kembali wadah setelah mengambil kue yang dibutuhkan.

Gunakan Silika Gel

Untuk menyerap kelembapan berlebih, tambahkan beberapa kantong silika gel ke dalam wadah penyimpanan kue. Ini akan membantu menjaga kue tetap kering dan renyah.

Hindari Kulkas

Hindari menyimpan kue lebaran di lemari es, karena dapat membuat kue menjadi keras dan kehilangan kerenyahannya.

Suhu Ruangan, Membuat kue lebaran tanpa oven dan tanpa mixer

Simpan kue lebaran pada suhu ruangan, jauh dari sinar matahari langsung. Suhu yang ideal adalah sekitar 20-25 derajat Celcius.

Batasi Waktu Penyimpanan

Meskipun disimpan dengan benar, kue lebaran tidak dapat bertahan selamanya. Konsumsi kue dalam waktu 2-3 minggu setelah dipanggang untuk mendapatkan rasa dan kerenyahan terbaik.

Simpulan Akhir

Membuat kue lebaran tanpa oven dan tanpa mixer ternyata tidak sesulit yang dibayangkan. Dengan sedikit kreativitas dan ketekunan, Anda bisa menghasilkan kue lebaran yang lezat dan renyah untuk memeriahkan suasana Lebaran bersama orang-orang terkasih.

Also Read

Bagikan: