7 Makanan Penambah Darah: Semuanya ada di Indonesia Lho

edyabuha

gambar 7 makanan penambah darah

KulinerHits.com – Akhir-akhir ini kondisi kekurangan darah (anemia) menjadi masalah yang cukup serius di Indonesia, tingginya angka anemia di Indonesia menjadi masalah karena dapat mengganggu aktivitas sehari-hari seseorang. Oleh karena itu, pada artikel kali ini Kuliner Hits akan berbagi daftar 7 makanan penambah darah.

Untuk mengatasi gejala anemia tidak harus meminum obat penambah darah loh, namun dengan hanya mengonsumsi makanan penambah darah yang memiliki kandungan zat besi cukup banyak dapat mengatasi gejala anemia.

Ingin tau makanan apa saja dengan kandungan zat besi yang cukup banyak sehingga dapat memenuhi asupan zat besi harian kita? Yuk simak artikel dibawah let’s go!

Berikut Daftar 7 Makanan Penambah Darah yang disarankan untuk dikonsumsi Secara Teratur

1. Sayuran Berdaun Gelap

Gambar brokoli pada artikel 7 makanan penambah darah

Bayam merupakan jenis sayuran berdaun gelap yang sangat disarankan untuk Anda konsumsi karena dapat mencegah dan mengatasi gejala anemia, dikarenakan bayam mengandung zat besi untuk memproduksi hemoglobin.

Selain bayam, brokoli juga masuk ke dalam daftar sayuran berdaun gelap yang memiliki manfaat sebagai makanan penambah darah terbaik, karena brokoli juga mengandung zat besi dan juga asam folat dengan jumlah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan harian.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Minuman Sehat di Dunia

Namun perlu dicatat juga agar memudahkan tubuh untuk menyerap zat besi anda perlu untuk memasaknya hingga matang sempurna.

2. Buah-Buahan

Gambar buah-buahan pada artikel 7 makanan penambah darah

Buah-buahan juga merupakan salah satu makanan untuk mencegah gejala anemia, berikut beberapa jenis buah-buahan yang dapat mencegah gejala anemia dan sering kita jumpai disekitar kita.

Baja Juga:  Nasi Liwet Solo: Sajian Otentik Kuliner Nusantara

Seperti jambu biji, buah ini memiliki manfaat yaitu dapat meningkatkan jumlah sel darah merah karena kandungan zat besinya yang tinggi sehingga proses penyerapan zat besi berlangsung secara optimal.

Buah naga, buah ini memiliki banyak sekali zat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memaksimalkan proses produksi sel darah merah, sehingga sangat cocok buat kalian yang akhir-akhir ini sering merasa pusing dan lemas untuk mencoba khasiat yang diberikan oleh buah naga sendiri.

Dan yang terakhir ada jeruk, jeruk identic dengan vitamin C dan perlu kalian ketahui juga jeruk merupakan buah yang akan zat besi dan asam folat, oleh sebab itu dengan kita mengonsumsi buah ini secara teratur kita dapat meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh.

Asam folat pada jeruk juga berfungsi untuk meningkatkan jumlah oksigen dalam tubuh yang dimana hal ini dapat mempercepat proses pembentukan sel darah merah.

3. Sereal, Kacang-Kacangan dan Biji-Bijian

Gambar sereal, kacang-kacangan dan biji-bijian pada artikel 7 makanan penambah darah

Banyak sekali jenis sereal yang mengandung banyak sekali zat besi yang dapat memenuhi kebutuhan harian tubuh.

Contohnya yaitu Oatmeal, oatmeal merupakan makanan penambah darah yang paling populer karena dapat dijadikan sebagai menu sarapan, dalam satu porsi oatmeal saja sudah mengandung sekitar 3 miligran (mg) zat besi.

Apalagi jika kita tambahkan dengan berbagai toping buah buahan yang memililiki kandungan zat besi yang cukup banyak maka kandungan zat besi dalam tubuh kita akan terpenuhi dan terhindar dari gejala anemia.

Baca Juga: 5 Makanan Sehat untuk Anak

Tidak hanya sereal saja biji-bijian dan kacang-kacangan juga mengandung zat besi yang dapat memenuhi kebutuhan harian kita.

Beberapa contoh kacang-kacangan dan biji-bijian, antara lain seperti biji labu, biji wijen, kacang hijau, kacang merah dan lain-lainnya.

Baja Juga:  5 Rekomendasi Menu Sahur 2024

4. Jeroan

Gambar jeroan pada artikel 7 makanan penambah darah

Jeroan pada hewan meliputi usus, hati, jantung, dan otak ternyata banyak terkandung zat besi dalam jumlah yang cukup tinggi didalamnya.

Bahkan contohnya seperti 100 gram (gr) hati sapi mengandung 6,5 miligram (mg) zat besi jumlah tersebut dapat memenuhi sekitar 36 persen kebutuhan harian.

Baca Juga: 5 Makanan Sehat yang dibutuhkan Oleh Tubuh

Sementara itu 100 gram (gr) hati ayam justru mengandung lebih banyak zat besi yaitu sebesar 15,6 miligram (mg) jumlah kandungan tersebut sangat banyak dibanding kandungan daging sapi.

Dilansir dari klikdokter.com selain untuk penambah darah jeroan juga memiliki manfaat seperti sumber protein, sumber lemak, mengandung vitamin A, mengandung vitamin B kompleks, Mengandung Co-Q10, Mengandung Zat Besi, dan menyehatkan Kehamilan.

5. Daging Merah

Gambar daging merah pada artikel 7 makanan penambah darah

Sumber makanan dengan zat besi tertinggi dari jenis daging yaitu daging merah, seperti daging sapi dan daging kambing.

Dengan kita mengonsumsi kedua daging tersebut sebanyak 100 gram (gr) kita sudah dapat memenuhi sekitar 15 persen dari total asupan harian yang dianjurkan karena didalamnya terkandung sekitar 2,7 miligram (mg) zat besi.

Perlu diketahui juga akan lebih baik pula jika kita mengonsumsi daging merah pada bagian yang tidak ada lemaknya akan lebih menyehatkan ketimbang bagian yang memiliki lemak.

6. Daging Unggas

Gambar daging unggas pada artikel 7 makanan penambah darah

Salah satu dari 7 makanan penambah darah selanjutnya yaitu daging Unggas. Selain daging merah, daging unggas juga sangat baik untuk dikonsumsi.

Karena merupakan sumber zat besi dan protein yang tinggi, sehingga menjadikannya sebagai makanan penambah darah yang dapat ditemukan disekitar kita.

Dengan kita mengonsumsi 100 gram (gr) daging ungas, seperti daging ayam dan daging bebek kita sudah memenuhi sekitar 13 persen total asupan harian zat besi yang diperlukan oleh tubuh.

Baja Juga:  Resep Ayam Kecap Manis Sederhana untuk Pemula

Dan ingat untuk memilih daging unggas yang tidak memiliki lemak sehingga lebih sehat untuk dikonsumsi.

Baca Juga: Buku Resep Makanan Lokal Kemenkes

7. Seafood

Gambar seafood pada artikel 7 makanan penambah darah

Seafood atau makanan laut merupakan makanan penambah darah terbaik karena rasanya yang tidak berlebihan dan mengandung banyak sekali zat besi didalamnya.

Misalnya seperti kerang dan tiram laut, kedua makanan ini mengandung sebesar 28 miligram (mg) zat besi untuk setiap 100 gram-nya yaitu sekitar 155 persen dari asupan yang dibutuhkan sehari-hari oleh tubuh.

Namun perlu diketahui tak semua jenis kerang mengandung zat besi yang tinggi.

Penutup

Nah itu tadi 7 makanan penambah darah yang berhasil Kami rangkum untuk Anda, bagaimana apakah Anda tertarik untuk mencoba salah satu dari ke tujuh makanan yang sudah Kami ulas?

Semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari informasi tentang makanan penambah darah.

Sampai jumpa pada artikel selanjutnya. Semoga bermanfaat ya!

Also Read

Bagikan: